Cara Meredakan Flu Bayi yang Sangat Mengganggu


Para orang tua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah imun bayi yang tidak sekuat orang dewasa. Iya memang mereka sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit, salah satunya adalah flu. Apalagi jika cuaca sedang berubah-ubah seperti saat ini. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa cara untuk meredakan flu bayi. Simak penjelasan lengkapnya ya.

Cara Meredakan Flu Bayi yang Sangat Mengganggu

7 Cara Meredakan Flu Bayi
Jika Bayi terserang virus flu, ia akan menunjukkan gejala selama 1-3 hari. Beberapa diantaranya adalah bersin-bersin, hidung yang mengeluarkan lendir/ingus, bayi tidak bisa berhenti memegang hidungnya, nafsu makan atau menyusu yang menurun, dan yang paling sering adalah rewel. Lakukan hal ini jika ingin cepat selesai.

1.     Berikan Tambahan Cairan
Pertama yang harus dilakukan adalah memberikan asupan ASI atau susu formula yang cukup. Tujuannya agar kekebalan tubuhnya meningkat dan tidak mengalami dehidrasi. Jika ia mengalami kesulitan menyusu secara langsung (terjadi pada beberapa bayi). Maka Anda bisa menggunakan sendok atau cangkir dengan tetap memperhatikan usia bayi.

2.     Berikan Bayi Waktu Istirahat Ekstra
Kedua Anda harus membiarkan anak untuk beristirahat lebih banyak. Walaupun terkadang mereka suka tidak bisa diam dan ingin mengeksplor hal-hal baru. Kurangnya istirahat justru membuat tubuh mereka lemah sehingga virus flu semakin lama di tubuhnya. Pasti Anda tidak ingin hal ini terjadi kan.

Anda bisa memposisikan kepala bayi terangkat ketika ia tidur. Ini sangat membantunya untuk bernapas, sehingga tidak sering terbangun di malam hari.

3.     Menggunakan Alat Penyedot Lendir
Nah cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan alat penyedot lendir. Bisa dengan mulut atau pipet khusus ya, pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena justru akan menyakiti sang bayi. Pasti Anda tidak ingin hal ini terjadi.
Anda juga bisa mengunakan saline alias obat semprot hidung. Fungsinya untuk mengurangi produksi lendir yang mengakibatkan hidung tersumbat. Cara pemakkannya adalah semprotkan saline sebanyak 2-3 kali ke dalam hidung. Tunggu sebentar dan ingus akan keluar bersamaan dengan ia terbatuk.

4.     Gunakan Pelembab Udara
Pelembab udara dalam ruangan atau yang bisa disebut dengan humadifier sangat bermanfaat untuk meredakan flu pada bayi. Karena membuat kondisi ruangan menjadi lembab dan nyaman. Bukan sebaliknya, jangan biarkan udara mengering karena justru akan menyiksa si kecil yang sedang flu.
Atau jika ingin lebih mudah, hangatkan air dan biarkan si kecil menghirupnya selama 10-15 menit. Agar lendir yang ada di dalam hidung bisa keluar dengan mudah.

5.     Atur Posisi Tidur Pada Bayi
Ini sudah dibahas pada poin sebelumnya. Apabila ingin sang anak bisa terdidur nyenyak dalam kondisi sakit flu maka Anda harus mengatur posisi tidurnya. Letakkan kepala lebih tinggi dan sebisa mungkin jangan biarkan ia tidur terkurap, agar tidak kesulitan bernafas. Sampai sini paham kan?

6.     Jangan Memberikan Antibiotik Tanpa Resep Dokter
Ini nih yang sering digunakan oleh orang tua modern. Mereka sering kali memberikan antibiotik kepada anak-anak saat flu apalagi tanpa adanya pengawasan dokter. Karena seperti yang telah diketahui bahwa flu ini adalah virus yang menyerang imunitas. Jika panas, Anda bisa memberikannya paracetamol atau ibuprofen.
Apabila sampai sesak anapas dengan frekuensi lebih dari 50 kali per menit. Mau tidak mau Anda harus sesegera mungkin membawanya ke Dokter.

Sekarang Anda sudah paham kan? Diantara beberapa poin di atas, mana yang sering Anda lakukan? Atau justru tidak ada sama sekali. Lebih aman jika Anda menggunakan produk sleek baby telon oil  yang memberikan bayi kenyamanan jika terkena flu. Selamat mencoba beberapa cara meredakan flu bayi di atas ya.

0 comments:

Post a Comment

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 hoteleshawai.com All Right Reserved